Senin, 12 Desember 2011

Memperpanjang Durasi Batere

BAYANGKAN Anda dalam perjalanan, dan sedang sibuk-sibuknya menggarap pekerjaan penting. Tiba-tiba batere notebook habis. Bete, kan? Agar terhindar dari kejadian mengesalkan itu, sebaiknya Anda mengikuti trik berikut ini.
  1. Redupkan layar notebook sampai level yang masih nyaman. layar adalah komponen notebook yang paling menguras daya tahan batere, jadi tinggi-rendahnya tingkat kecerahan akan mempengaruhi durasi batere yang signifikan.
  2. Nonaktifkan perangkat yang tidak perlu. Ada beberapa port dan komponen yang mungkin jarang Anda gunakan, padahal ia mengkonsumsi listrik, seperti Express Card, FireWire, atau DVD Writer. Nonaktifkan saja perangkat ini melalui Device Manager (Klik kanan My Computer>Properties>Device Manager). Toh jika suatu hari Anda butuh, komponen tersebut bisa Anda aktifkan kembali.

  3. Atur Power Option. Semua sistem operasi mempunyai Power Option yang mengatur perilaku notebook pada kondisi tertentu. Pada Windows Vista, menu ini berada di Control Panel>Mobile PC>Change Battery Setting. Di sini Anda bisa memilih peforma terbaik (yang berarti boros listrik) atau durasi terpanjang. Anda juga bisa melakukan pengaturan lebih lanjut, seperti mengatur agar monitor dimatikan atau sistem masuk ke fase hibernate jika notebook idle dalam jangka waktu tertentu.

Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More